5 Tips Jitu Memilih Apartemen yang Mendatangkan Passive Income

4 Tips Mudah Beli Properti di Masa Muda 
August 19, 2020
5 Tips Investasi Properti Aman Buat Milenial
August 19, 2020

Apartemen menjadi hunian primadona baru buat sebagian masyarakat khususnya mahasiswa dan pekerja profesional di kota-kota besar. Tingginya harga rumah dan lifestyle generasi millenials mendorong maraknya pemilihan hunian apartemen. Nah, buat kalian para investor muda perlu cermat dalam memilih apartemen sebagai hunian selama menjalankan aktivitas kuliah maupun bekerja apalagi jika ingin apartment tersebut dapat mendatangkan pendapatan sewa. Ada tips-tips jitu memilih apartemen supaya tidak salah sehingga membuat pengeluaran biaya menjadi besar.

 

Berikut tips memilih apartemen yang layak untuk investasi guna mendapatkan keuntungan sewa atau juga biasa disebut passive income. Hal ini juga membantu menghindari kekecewaan seperti lokasi yang jauh dengan jarak kampus dan perkantoran, sulitnya aksesibilitas terutama transportasi publik.

 

  1. Lokasi dan Akses Apartemen

Tips memilih apartemen pertama adalah lokasi. Lokasi merupakan faktor paling penting yang perlu pertimbangan. Carilah lokasi apartemen yang cukup dekat dengan kampus dan tempat kerjamu. Pilih apartemen dengan pertimbangan akses yang paling mudah. Kamu bisa memilih lokasi yang paling praktis seperti apartemen dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau memiliki akses jalan raya yang dekat dengan tol. Lebih strategis lagi bila terdapat akses kendaraan umum menuju langsung ke apartemen. Lokasi yang tepat ini akan memudahkan rutinitas aktivitasmu ke depan.

Selain itu, jangan ragu mengecek lokasi di Google Maps dan mengecheck tarif sewanya secara online melalui apps seperti Travelio dan Mamikos. Ajukan pertanyaan yang pokok kepada pihak penjual seperti kejelasan developer, surat kepemilikan, dan detail unit.

  1. Fasilitas Yang Lengkap

Faktor lain yang perlu kamu perhatikan saat memilih apartemen adalah kelengkapan fasilitas dalam mendukung penghuninya. Apartemen yang akan ditempati harus nyaman dengan segala fasilitasnya. Tak dipungkiri dengan adanya pandemi covid 19, Digital Living menjadi kunci utama dalam produktivitas sehari-hari. Carilah apartemen yang menawarkan fasilitas Digital Living seperti  kemudahan instalasi jaringan internet, kabel tv, dan juga beberapa fasilitas dasar seperti lobby , sarana olahraga, dan area komersial pendukung penghuni seperti Laundry, ATM Center dan Minimarket.

 

  1. Faktor Keamanan

Tentang keamanan menjadi tips memilih apartemen yang mutlak ketika Kamu tinggal di sebuah apartemen. Perhatikan bagaimana sistem penjagaan di apartemen. Selain itu, Kamu bisa menanyakan dan memperhatikan sistem keamanan 24 jam dari security. Mereka biasanya akan berkeliling rutin untuk menjaga keamanan penghuni. Selanjutnya, keberadaan CCTV di setiap sudut apartemen. CCTV akan membuat pengawasan lebih ketat sehingga keamanan lebih terjamin. Terlebih baik lagi apabila Apartment tersebut mengedepankan bersih narkoba yang berstandar keamanan yang jelas seperti  Badan Narkotika Nasional RI (BNN).

 

  1. Harga dan Cara Bayar

Bagi masyarakat perkotaan, membeli hunian berupa apartemen, merupakan solusi cerdas untuk mendapatkan tempat tinggal dengan harga yang terjangkau. Pasalnya memang, harga rumah saat ini sudah sangat tinggi, lahan yang semakin sempit menjadi alasan kenapa harga menjadi sangat mahal.

Harga dan cara bayar apartment relatif lebih terjangkau daripada hunian rumah. Carilah apartemen yang menawarkan cara pembayaran yang sesuai dengan cashflow kamu. Kamu perlu bernegosiasi soal harga, cara bayar dan bonus yang didapatkan. Selain itu, perhatikan pula harga pasar sewa daerah apartemen sekitaran agar unit yang dibeli dapat menghasilkan passive income atau pendapatan sewa yang baik.

 

  1. LEGALITAS

 

Nah, bagi Anda yang ingin membeli apartemen, tentu harus mengetahui seperti apa sertifikat tanahnya , ada beberapa macam jenis sertifikat diantaranya yang paling sering di pasarkan adalah 2 jenis apartemen dengan legalitas seperti berikut:

Sertifikat Hak Milik atas Satuan Rumah Susun biasanya dibuat sama seperti Sertifikat Hak Milik, yang membedakannya hanya warnanya saja, jika SHM dibuat warna sampulnya hijau, maka SHMRS dibuat warna merah muda. Jenis sertifikat apartemen ini memiliki kedudukan yang kuat, sehingga bisa digadaikan di bank atau KPA. Jika apartemen tersebut dibangun di atas lahan milik pemerintah atau tanah wakaf, maka sertifikat apartemen yang akan diterima adalah Sertifikat Kepemilikan Bangunan Gedung (SKGB) ini jika lebih lemah karena status kepemilikan tanah dimiliki oleh orang ketiga. biasanya apartemen dengan sertifikat ini memiliki harga lebih murah tetapi jarang bisamendapatkan fasilitas pembiayaan bank/KPA.

——

Kelima Unsur penting diatas terdapat pada salah satu apartemen yang baru diluncurkan perusahaan oleh pengembang properti anak perusahaan BUMN, PT. PP Properti Tbk. Apartemen Mazhoji berlokasi strategis dan premium di Raya Margonda Depok, tepat di depan pintu Tol Margonda. Dibanderol dengan harga yang terjangkau, 300 jutaan dan cicilan 3 jutaan sangat cocok untuk para investor pemula atau millennials. Kota Depok merupakan kota pendidikan terbesar di Jabodetabek dikelilingi oleh universitas ternama seperti Universitas Indonesia, Universitas Gunadarma, Universitas Pancasila, IISIP dan yang terbaru adalah UIII (International Islamic University of Indonesia) yang rencananya akan rampung di akhir tahun 2020.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *