5 Tips Investasi Properti Aman Buat Milenial

5 Tips Jitu Memilih Apartemen yang Mendatangkan Passive Income
August 19, 2020
Ini 6 Keuntungan dari Memiliki Apartemen di Kota Depok
November 11, 2020

Milenial disarankan mulai menabung properti sejak dini, namun banyak milenial yang gagal bayar angsuran properti pada saat pandemi ini karena mereka memaksa membeli properti dengan harga yang tidak sesuai dengan kemampuan bayar cicilan properti tersebut. 

Tentu saat ini harga rumah sudah melambung tinggi dan sulit dijangkau oleh para milenial. Hal itu mendorong apartemen menjadi hunian masa depan alternatif bagi sebagian orang terutama generasi milenial. Selain masalah harga, apartemen juga diminati karena fasilitasnya yang lebih mendukung gaya hidup modern serta lokasinya dengan jarak dan aksesibilitas yang tinggi seperti dekat dengan pintu tol dan transportasi publik terbukti dapat meningkatkan produktivitas para generasi milenial dalam beraktivitas. 

Mengelola pendapatan dan pencarian informasi tentang cara investasi properti akan membantu para generasi milenial yang masih bingung apa saja yang mesti direncanakan ketika ingin mewujudkan mimpinya memiliki properti. 

Berikut ada beberapa tips investasi properti apartemen bagi milenial.

1. Menyisihkan Pendapatan di Awal Gajian dan Utamakan Membayar DP

Seperti yang kita tahu bahwa pendapatan milenial saat ini kebanyakan berasal dari pendapatan gaji. Besar atau kecilnya gaji sebetulnya bukan menjadi persoalan untuk merencanakan memiliki sebuah hunian. Masalahnya adalah pada banyaknya pengeluaran yang tidak sesuai guna memenuhi kebutuhan gaya hidup. Dalam hal ini, kamu harus berusaha menyisihkan uang gaji per bulan di awal saat menerima gaji. Besaran uang yang dapat disisihkan untuk menabung properti bisa sekitar 30% – 40% dari pendapatan. 40%-50% untuk kebutuhan pokok dan alokasikan 10-20% untuk mencukupi kebutuhan lain-lain. 

Ketika tabungan sudah cukup terkumpul, segeralah membayar uang muka (Down Payment) properti yang diinginkan. Bagi milenial pembayaran DP pada umumnya cenderung lebih rendah sekitar 5% sampai 30% dari total harga melalui sistem kredit kepemilikan. Perlu dipahami, bahwa membayar DP atau uang muka adalah langkah awal yang tepat. Jangan pernah berpikir harga properti akan turun, karena harga properti kecenderungannya akan selalu naik. Oleh karena itu, bila sudah yakin jangan sekali menunda-nunda.

 

2. Manfaatkan Fasilitas Kredit Pemilikan dari Perbankan Saat Masih Muda

Tips investasi properti aman milenial selanjutnya adalah menggunakan fasilitas cicilan perbankan. Pengembang atau Developer yang telah bekerjasama dengan pihak perbankan memiliki kredibilitas yang lebih baik daripada Developer yang tidak memiliki kerjasama dengan pihak perbankan. Mencicil hunian dapat dengan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) atau KPA (Kredit Pemilikan Apartemen). 

Ada beberapa keuntungan menggunakan KPA bagi para milenial yang harus diketahui, antara lain yaitu bisa mendapatkan DP rendah, bisa over kredit dari pemilik sebelumnya, serta bisa mendapatkan promo menarik lainnya. KPA juga menghindari kamu dari risiko jika terdapat hambatan masalah dalam penyelesaian proyek apartemen karena kamu akan mendapat jaminan perlindungan oleh bank.

 

4.  Gunakan Internet Untuk Mendapatkan Pengetahuan Penting 

Sebagai generasi milenial sudah tentu menguasai teknologi internet. Cobalah menggali lebih dalam lewat internet mengenai informasi penting seperti status kepemilikan tanah, ijin membangun bangunan (IMB), dan juga reputasi Developer. Lakukan perbandingan harga, lokasi, fasilitas, pembiayaan, dan lain-lain.

 

5. Cek Lokasi Dapat Juga Melalui Google Map

Mengetahui langsung lokasi properti menjadi tips investasi properti aman bagi milenial agar lebih yakin dan percaya diri. Jangan ragu datang ke lokasi jika kamu dapat menjangkau lokasi tersebut atau dapat juga melihat lokasi di google maps. Anda bisa menemui langsung pihak pemasaran dan menanyakan segala informasi tentang apartemen. Ajukan pertanyaan yang pokok seperti biaya, surat kepemilikan, dan detail unit. 

 

6. Pilih Properti Dengan Fasilitas Pendukung yang Dapat Menghasilkan Pendapatan Sewa

Banyak milenial yang masih melajang dan tinggal di rumah orangtua, properti yang dibeli adalah untuk tabungan masa depan. Agar properti yang dibeli tidak sekedar menganggur dan rusak, pastikan membeli properti berupa rumah atau apartemen yang memiliki fasilitas pendukung dapat disewakan kembali. 

Untuk tarif pasaran sewa rumah sekitar 2%-4% dari harga beli rumah dan tarif sewa sebesar 7%-15% dari harga Apartemen. Pastikan lokasi yang dipilih adalah lokasi yang memiliki pasar yang jelas seperti di kota pendidikan, CBD ataupun industri. 

Seperti Salah satu apartemen yang baru diluncurkan perusahaan oleh pengembang properti anak perusahaan BUMN, PT. PP Properti Tbk. Apartemen Mazhoji berlokasi strategis dan premium di Raya Margonda Depok, tepat di depan pintu Tol Margonda. Dengan pembukaan harga perdana di bawah 400jt , dengan cicilan 3 jutaan sangat cocok untuk para investor terutama millennials, Kota Depok merupakan kota pendidikan terbesar di Jabodetabek dikelilingi oleh universitas ternama seperti UI, Gunadarma, pancasila, IISIP dan yang terbaru adalah UIII (International Islamic University of Indonesia) yang rencananya akan rampung di akhir tahun 2020.

Apartemen Mazhoji Margonda menggunakan konsep arsitektur Jepang, Digital Living dan Bebas Narkotika untuk memberikan kenyamanan penghuni di era modern ini. Fasilitas e-Library yang bekerjasama dengan Kompas Gramedia juga disediakan dengan harapan akan membantu studi ratusan ribu para mahasiswa yang berkuliah di sekitar Depok. Tingginya permintaan hunian di kota pendidikan membuat harga sewa apartemen di Margonda juga sangat tinggi, tidak heran banyak investor menabung properti di kota pendidikan. Informasi harga sewa saat ini dapat milenial check secara online melalui apps seperti Travelio dan Mamikos. 

 

Inilah tips penting investasi properti yang aman bagi milenial untuk masa depan. Ingat milenial disarankan menabung properti sejak dini tetapi tetap cermat sebelum membeli properti!

 

sumber instagram @mazhojimargonda

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *